Kamis, 10 Maret 2011

Komparasi 3 Jenis helm ( helm full face, open face & half face )

Perhatikan Gambar helm dari kanan: Full Face, Half Face dan Open Face
 
Dengan terbitnya peraturan SNI tentang penggunaan Helm saat berkendaran roda dua, yakni UU No. 22 Tahun 2009. Para pengendara disodorkan pada dua pilihan yaitu Helm Full Face dan Helm Open Face. Sedangkan helm Half Face sudah tidak diperbolehkan lagi.(menurut UU no.12 tahun 2009 tersebut) lihat undang-undangnya disini


Terlihat jelas dengan Perbedaan dari ketiga jenis helm tersebut. Namun begitu ketiganya bisa sama penting kala dipakai berkendara. Yaitu, melindungi kapala ketika terjadi kecelakaan. Tapi, tentu ada nilai plus dan minus dari masing-masing tipe dan setidaknya dengan mengamati kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe biker bisa menentukan pilihan mau yang Full face, Open Face Atau Half Face
Sebagian Dari kita para biker, Masih kurang Kesadaran dalam penggunaan helm ini saat berkendara. Sebagai pembuktian, Coba sobat tanya teman sobat, atau biar lebih fear coba tanya pada diri kita sendiri.

“Untuk Apa saya, anda, teman memakai Helm saat berkendaraan..?”



Sobat Akan menemukan Sebagian jawaban bahwa mereka memakai helm karena takut sama pak polisi yang berdiri di depan, Alias takut diTilang, hee... Namun perlu kita ingat dan kita sadari bahwa ada Bahaya yang lebih mengancam kita selain Abang Police ( biar lebih Akrab dikit – ah.. panggil aja Abang Polisi ), Apa bahaya tersebut..? Dia Adalah Abang Polisi Tidur, Lho ko harus takut sama Polisi tidur..? Maksud saya disini adalah kecelakaan, Nah sudah fahamkan maksudnya..? Dengan memakai helm, Apalagi helm Full face, Resiko kecelakaan bisa kita minimalisir. Sebab dia bukan hanya memakan biaya namun juga mengancan jiwa kita Satu-satunya.

Inilah pentingnya helm dilihat dari aspek keselamatan. Tapi pada akhirnya, itu semua balik lagi ke diri sendiri artinya anda yang lebih berhak menentukan.

SAFETY FIRST

Peran helm dalam aspek safety dianggap paling penting. Sudah pasti model Full Face memberi perlindungan yang lebih maksimal. Jika terjadi kecelakaan setidaknya bagian wajah termasuk dagu lebih terlindungi ketika menggunakan helm full face. Namun bukannya half face & Open Face tidak melindungi, hanya saja perlindungannya tidak maksimal. Open Face Half face bisa memberi perlindungan terhadap wajah tergantung dari bahan kaca yang dipakai.
Nama kaca helm ini sering disebut polly carbonet, bahan ini lebih tahan benturan dari pada bahan kaca helm yang biasa.


UTILITAS JARAK PENDEK

Selama ini banyak yang salah kaprah! Maksudnya, helm jenis half face dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Kejadian ini kerap ditemuai saat ada rombongan turing melintas. Padahal helm tipe ini lebih di tunjukkan untuk skuter (kecepatan yang ditempuh rata-rata 40-60 km/jam) dan untuk perjalanan jarak pendek. Tapi bagi yang menginginkan perlindungan lebih, jarak pendekpun boleh pakai tipe full face.

SUDUT PANDANG

Sebagian Pengendara motor/ biker memilih memakai helm OpenFace & Half Face dengan alasan kenyamanan dalam pandangan saat berkendara. Berbeda dengan helm Full Face, jarak dan arah pandang jadi lebih terbatas. Memang dengan helm full face sudut pandang agak sedikit terbatas. Terutama pada bagian bawah hidung ke mulut. Half face member sudut pandang yang lebih leluasa

 Nah Bagaimana dengan Sobat Pilih Jenis helm yang mana.. Helm Full Face, Open Face atau Half Face..?
Silahkan Suarakan pendapat-mu di kolom komentar..!

Artikel terkait:
Pencarian Mungkin Berasal dari:
 Sumber:
Komisi kepolisian indonesia
Komparasi helm full face dan half face

0 komentar: